Sukses
dalam karir dan bisnis menjadi impian semua orang. Bagaimana untuk
meraih kesuksesan tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan
perjuangan, pengorbanan, usaha keras, kerja cerdas, keuletan dan doa.
Dibalik usaha – usaha seseorang mencapai kesuksesan, ternyata ada
beberapa kebiasaan pagi hari yang dilakukan oleh orang sukses seperti
yang dikutip dari
Times of India.
Dengan
kebiasaan – kebiasaan ini, orang akan bisa mengelola waktu lebih
produktif, teratur, efektif dan efisien. Untuk bisa mencapai sukses yang
kita impikan, tidak ada salahnya mengikuti kebiasaan baik mereka.
Tidak menghabiskan waktu untuk hal tidak penting
Seringnya,
yang dilakukan orang pertama kali pada awal waktu kerjanya adalah
mengecek email. Setelah mengecek kita akan sibuk membalas dan mengecek
email berikutnya. Padahal ada hal yang lebih produktif yang bisa
dilakukan di saat kondisi dan suasana masih segar. Seperti yang
dilakukan pemilik Tumblr, David Karp, berusaha untuk tidak mengecek
emailnya sebelum pukul 10 pagi. Begitu juga pemilik Keepcup,
AbigailForsyth, mencoba untuk tidak mengadakan rapat di jam yang sama.
Mereka lebih memilih untuk melakukan pekerjaan yang lebih menguntungkan
dengan menyapa rekan-rekan bisnisnya di pagi hari.
Fokus pada tujuan besar atau utama
Sangat
penting bagi Anda untuk selalu ingat dengan target dan tujuan besar
setiap paginya. Dengan mengingatnya, Anda akan lebih mudah melakukan
misi yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi Anda. Hal ini penting
agar pekerjaan yang sedang dan akan Anda lakukan tidak melenceng dari
target yang telah Anda tetapkan.
Meluangkan waktu untuk memilah pekerjaan
Pekerjaan
akan lebih efektif dan efisien bila dilakukan dengan skala prioritas.
Sebelum melakukan beberapa pekerjaan, sempatkan untuk memilih dan
memilah pekerjaan paling penting yang akan diselesaikan terlebih dahulu.
Melakukan hal yang paling berat lebih awal
Terkadang
orang akan memilih pekerjaan yang mudah dulu sebagai ‘pemanasan’ dan
menunda pekerjaan yang berat dan pekerjaan yang tidak disukai. Tetapi
menurut buku manajemen waktu ‘Eat That Frog’, sebaiknya kita memilih
pekerjaan yang berat di awal waktu sehingga apabila ada hal yang buruk,
kita masih punya banyak waktu untuk menyelesaikannya.
Memikirkan orang di sekitar
Saat
bekerja secara individual terkadang kita melupakan orang – orang di
sekitar kita. Pikirkanlah efek pekerjaan yang sedang Anda lakukan bagi
mereka. Misalnya kita menuntut pihak General Affair menyiapkan keperluan
kita pada saat yang kita tetapkan, padahal ada pekerjaan penting lain
yang sedang mereka kerjaan. Manajemen waktu sangat penting agar hubungan
dengan pihak lain / rekan kerja menjadi harmonis.
Memanfaatkan waktu senggang
Bekerja
memang tidak harus ‘on’ 24 jam. Ada saat kita butuh istirahat untuk
relaks. Tetapi akan sangat baik bila Anda bisa memanfaatkan waktu
senggang untuk tetap produktif walaupun hanya melakukan hal – hal ringan
yang tidak menguras tenaga dan pikiran. Misalnya di pagi hari saat
minum kopi atau teh atau saat sedang di atas transport umum Anda bisa
membuat ‘to do list’ yang akan dilakukan hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar